Ternyata Ini Ikan Terbesar di Dunia Yang Pernah Ditangkap Manusia

Kali ini kita membahas tentang ikan terbesar di dunia yang hidup di air tawar. Jika kita membandingkan dengan air asin atau mereka yang hidup di laut maka jawabannya akan dipenuhi dengan paus dan hiu.

Jika kalian pikir mereka yang tinggal di air tawar tidak memiliki ukuran yang masif, maka kalian salah. Berikut ini sudah kami rangkum 10 ikan terbesar di dunia yang hidup di air tawar.

10. Paddlefish


Mereka mendapatkan nama ini karena bentuk mulut mereka yang berbentuk paddle shaped snouts. Mereka dapat tumbuh sampai dengan 5 kaki dengan berat sekitar 60 pound. Mulut atau paruh mereka digunakan untuk mencari makanan di dasar perairan.dengan cara menggalinya. Paddlefish memiliki ukuran masif tapi mereka jinak. Kalian bisa menemukannya di daerah Mississippi Valley dan Saluran air di daerah Gulf Slope Amerika Utara.

9. Nile Perch


Si ikan nile perch ini dapat tumbuh hingga 6 kaki dengan berat mencapai 500 pound. Mereka merupakan pemburu yang agesif yang ada diperairan seperti sungai, kolam dan danau di daerah Etiopia Afrika, Mediterania, Sungai Nil dan juga cekungan di wilayah Kongo.

8. Taimen


Merupakan keluarga trout raksasa yang dapat ditemukan di daerah Mongol dan Rusia. Mereka bisa tumbuh dengan ukuran yang masif mencapai 7 kaki dengan berat 230 pound. Menjadi komoditas pemancing yang sangat disukai, sehingga saat ini sangat sulit untuk menemukan ukuran yang besar.

7. Bull Shark


Jangan kaget ketika berenang di sungai atau danau dan kalian melihat sirip hiu, karena memang bull shark ini dapat hidup di air asin dan air tawar. Dan umumnya mereka sering ditemukan di daerah sungai yang mengarah langsung ke laut. Seperti sungai Mississippi yang menuju St. Louis, sungai Amazon dan juga danau Nicaragua. Mereka bisa tumbuh mencapai 11,5 kaki dengan berat lebih dari 500 pound. Dan mereka sangat berbahaya, karena sering menyerang manusia.

6. Arapaima


Mirip dengan arwana. Arapaima memiliki ukuran mencapai 8 kaki dengan berat 330 pound. Mereka tinggal di Amazon basin di amerika selatan dan mereka sering muncul ke permukaan untuk bernafas.

5. Alligator Gar


Ikan ini mirip dengan buaya pada bagian mulutnya. Dengan tampang menyeramkan dan bisa menakuti siapapun yang melihatnya. Ikan ini mampu tumbuh hingga 10 kaki dengan berat mencapai 350 pound. Dibalik tampang seramnya, hingga saat ini belum ada laporan mereka menyerang manusia.

4. Mekong Giant Catfish


Raksasa bernama Mekong Giant Catfish bisa tumbuh sampai dengan 10 kaki dan beratnya hingga 600 pound. Karena mereka besar dan juga rasanya enak, mereka sering jadi objek pemancing dan saat ini populasinya terancam.

3. Giant Freshwater Stingray


Di dasar sungai di daerah Thailand, Malaysia dan juga Kalimantan Indonesia, hiduplah Giant Freshwater Stingray. Mereka raksasa dengan bobot 1300 pound dan panjang 10 kaki. Bahkan menurut beberapa kabar, warga sekitar melihat yang lebih besar dari ini. Jika kalian mendapatinya, sebaiknya kalian menyingkir dan menjauh darinya karena mereka memiliki duri beracun di ekor yang dapat menembus kulit dan tulang kalian. Dan mereka tidak segan menggunakannya. Tapi manusia lebih pintar tentu saja, mereka sering ditangkap dan saat ini populasinya terancam punah.

2. White Sturgeon


Di benua Amerika mereka adalah yang terbesar dengan panjang mencapai 20 kaki dan berat sekitar 1500 pound. Mereka bisa tinggal di air asin dan air tawar sama seperti bull shark, kalian bisa menemukannya di daerah barat Amerika Serikat dan Kanada. Populasi mereka terancam punah, padahal mereka termasuk jenis binatang yang sudah ada sejak jaman pra sejarah.

1. Beluga Sturgeon


Ini dia yang paling masif, masih saudara dengan white sturgeon tapi tinggal di tempat yang berbeda. Si Beluga Sturgeon ini tinggal di Rusia mereka mencapai ukuran 15 kaki dengan berat hingga 2500 pound. Menurut rekor yang pernah tercatat, ada Beluga Sturgeon yang memiliki panjang hampir 20 kaki dengan berat lebih dari 7000 pound. Mereka juga umumnya memiliki umur yang panjang yakni mencapai 100 tahun.

Seperti bull shark dan white sturgeon, jenis ini juga bisa hidup di air asin dan air tawar. Namun lagi lagi mereka terancam keberadaannya karena manusia. Karena manusia mengambil telur mereka. Telur yang dijadikan most wanted caviar ini memiliki nilai yang tinggi.