Mengerikan, Tsunami Terbesar di Dunia Yang Tercatat Sejarah

Banyak bencana mengerikan yang terjadi di bumi, gempa dan tsunami adalah salah satunya. Kali ini kita akan membahas tsunami terbesar di dunia di blog zmzb2c ini.

Tsunami merupakan bencana yang terjadi karena gempa yang terjadi diperairan bisa berupa danau besar, lautan ataupun samudera, yang mengirimkan jutaan liter air ke daratan dalam bentuk gelombang ombak berukuran besar yang menyapu apapun yang ada di hadapannya.


Sepanjang sejarah manusia di bumi, terjadi banyak sekali bencana ini. Mulai dari yang skala kecil sampai skala masif yang menghancurkan bangunan di daratan dan juga manusia yang tinggal disekitarnya.

Berikut ini adalah daftar 5 tsunami terbesar di dunia.

Indonesia – 27 Agustus 1883


Terjadi sekitar dua abad yang lalu, tepatnya pada tanggal 27 Agustus 1883. Datang ombak yang sangat tinggi, dengan ketinggian mencapai 35 meter yang terjadi karena letusan gunung krakatau di Indonesia. Tidak diketahui besaran gempa yang terjadi saat itu, namun bencana ini sudah menyebabkan sekitar 36.500 orang meninggal.

Laut China Selatan – 22 Mei 1782

Tiga abad yang lalu terjadi juga bencana besar yang merenggut sekitar 40.000 nyawa. Tsunami ini disebabkan gempa sebesar 7.0 skala richter di laut china selatan pada 22 Mei 1782.

1 November 1755

Di Kota Lisbon Portugal terjadi gempa berkekuatan 8.0 skala richter dan menghasilkan gelombang pasang setinggi 12.2 meter. Kejadian pada tiga abad yang lalu ini telah merenggut 60.000 nyawa meninggal dunia.

Pantai Utara Yunani

Menurut sejarah, pada tahun 1410 B.C terjadi gelombang besar yang menghantam Pantai Utara Yunani dan diperkirakan sekitar 100.000 korban meninggal dunia.

Pantai Barat Sumatera



Kejadian terbesar yang merenggut sekitar 283.100 nyawa terjadi di beberapa daerah di ujung Sumatera Indonesia. Terjadi di pagi hari pada tanggal 26 Desember 2004 ini juga terasa efeknya sampai ke negara tetangga seperti Thailand, SIngapore dan Malaysia. Dengan gempa berkekuatan 9.0 skala richter, dan gelombang pasang yang mencapai 34.85 meter menyebabkan beberapa kota luluh lantah dan banyak korban berjatuhan.